What is Operating System?

Aug 26, 2009 No Comments by Nu
OPER-SYS
Sumber : webopedia.com

Operating System atau Sistem Operasi adalah suatu program terpenting yang berada pada suatu komputer. Program ini berlaku sebagai penghubung antara user dengan hardware (perangkat keras). Sistem operasi melakukan tugas-tugas dasar seperti mengenali input dari keyboard, mengirim output ke layar monitor, bertanggungjawab pada organisasi file dan direktori pada disk, serta mengendalikan perangkat-perangkat yang lain seperti disk drive, printer, mouse dan yang lainnya.

Untuk sistem yang sangat besar, sistem operasi mempunyai tanggungajawab dan kemampuan yang lebih besar. Dapat diibaratkan seperti polisi lalu lintas, sistem operasi akan memastikan bahwa user dan program yang berbeda tidak saling mengganggu satu sama lain. Sistem operasi juga bertanggung jawab atas keamanan, memastikan bahwa pengguna yang tidak sah tidak dapat mengakses sistem.

Sistem operasi dapat digolongkan sebagai berikut:

  • Multi-user :Memungkinkan lebih dari satu pengguna untuk menjalankan program pada saat yang sama. Beberapa sistem operasi mengizinkan ratusan atau bahkan ribuan pengguna bersamaan.
  • Multiprocessing :Sistem operasi dapat menjalankan program lebih dari satu CPU atau banyak CPU.
  • Multitasking :Memungkinkan lebih dari satu program untuk berjalan secara bersamaan.
  • Multithreading :Memungkinkan berbagai bagian dari satu program untuk dijalankan secara bersamaan.
  • Real time : Dapat menanggapi input secara langsung.

Sistem operasi memungkinkan aplikasi lainnya dapat berjalan diatasnya, yaitu program aplikasi. Biasanya suatu program aplikasi hanya dibuat sesuai dengan sistem operasi tertentu, namun terdapat pula program aplikasi yang bisa berjalan di banyak sistem operasi.

Sumber : webopedia.com

Kata Kunci

contoh multiprocessing.

Operating System
Nu

Tentang Penulis

Ayah tujuh anak, Mualaf, Golput
No Responses to “What is Operating System?”

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.