Struktur Program Pascal

Apr 09, 2009 1 Comment by Nu

Struktur dasar dalam pemrograman pascal :

PROGRAM NamaProgram (FileList);
CONST
  (*Deklarasi Konstanta*)
TYPE
  (*Deklarasi Type*)
VAR
  (*Deklarasi Variabel*)
  (*Definisi SubProgram*)
BEGIN
  (*Statemen*)
END.

Elemen-elemen dalam program harus sesuai dengan urutannya, beberapa elemen bisa dihilangkan bila tidak diperlukan. Seperti contoh dibawah, program yang ada merupakan program yang benar, tapi tidak melakukan apapun.

PROGRAM Sinau1;
BEGIN
END.

Komentar dapat disertakan dalam penulisan kode. Komentar tidak akan disertakan dalam kompilasi (compile) atau saat program dijalankan (execute). Penanda komentar adalah (* dan diakhiri dengan *). atau dapat pula dengan tanda { dengan akhiran }. Pemakaian komentar dalam bahasa pascal tidak boleh salah, karena akan menimbulkan masalah. Penulisan komentar yang salah seperti :

{ { disini komentar } }

Pada saat code dicompile, akan memberikan pesan kesalahan karena compiler akan melihat tanda { yang pertama dan tanda } yang pertama pula, sehingga tanda } yang kedua akan dianggap kesalahan. Berikut beberapa contoh penulisan komentar yang benar :

{ { disini komentar }
{ disini komentar } writeln(‘test komentar’); { komentar lagi }
(* disini komentar *)

Pemberian komentar akan mempermudah dalam memahami suatu kode program (source code). Bila kita menulis program tanpa memberikan komentar, saat kita membuka kembali kode yang kita tulis dalam jangka waktu berselang lama. Akan mempersulit kita memahami program yang kita buat sebelumnya (bila program sangat rumit).

Kata Kunci

Struktur Pascal, struktur program pascal, struktur pemrograman pascal, yhs-004, penulisan array dalam pascal, struktur dasar penulisan program pada pascal, struktur data pascal, struktur dalam program delphi, struktur program delphi, contoh struktur pascal.

Pascal
Nu

Tentang Penulis

Mantan Tentor SD dan SMP, mantan Guru SMA, mantan Dosen PT, mantan IT Helper, mantan Programmer, mantan IT Analyst.... Sekarang... Berusaha jadi pengangguran, masih muda, masih belajar.... Jangan panggil saya pak!... Butuh diskusi cepat? colek di twitter @nusinau

One Response to “Struktur Program Pascal”

  1. Name says:

    makasih atas programnya ^_^ semoga sukses selalu

Leave a Reply