RINGKASAN PERCABANGAN

Jun 10, 2009 No Comments by Sahabat

Pemilihan (seleksi) digunakan jika ada masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan perhitungan yang pasti. Inti dari pemecahan masalah jenis ini adalah menganalisis semua kondisi yang mungkin terjadi dan menentukan statemen yang dilakukan untuk setiap kondisi tersebut.
Terdapat dua skema pemilihan, yaitu menggunakan statemen if dan menggunakan statemen case. Statemen if dapat digunakan dengan bagian else atau tanpa bagian else, tergantung masalah yang dipecahkan dan algoritma yang dipilih.
Jika terdapat dua kondisi yang komplementer maka statemen if diikuti bagian else. Kondisi dalam statemen if dituliskan dalam ekspresi boolean. Statemen if juga dapat digunakan secara berulang.
Statemen if digunakan untuk memilih dari dua kondisi yang berbeda berdasar ekspresi boolean, sedangkan statemen case digunakan untuk memilih jika terdapat lebih dari dua kondisi yang masing-masing memerlukan penanganan yang berbeda. Variabel yang terlibat dalam statemen case harus bersifat ordinal.

Kata Kunci

percabangan pascal, algoritma percabangan, pascal percabangan, materi algoritma percabangan, pengertian struktur seleksi atau percabangan, struktur algoritma percabangan, rangkuman materi percabangan, Apakah pengertian struktur seleksi atau percabangan?, rangkuman percabangan dalam algoritma, pengertian algoritma percabangan.

Pascal
Sahabat

Tentang Penulis

Penulis adalah sahabat-sahabat yg menyumbang tulisan di nusinau.com untuk dimuat dengan bijaksana. Silakan kirim tulisannya ke nusinau[at]gmail[dot]com atau ke admin[at]nusinau[dot]com. Butuh diskusi cepat? colek di twitter @nusinau
No Responses to “RINGKASAN PERCABANGAN”

Leave a Reply