Recovery BIOS

Aug 04, 2009 59 Comments by Sahabat

###############AWARD BIOS ONLY################

BIOS (Basic Input Output System) yang terdapat di setiap mainboard komputer tidak selamanya akan stabil. penyebab utama BIOS korupt ato rusak adalah virus dan flash update BIOS yang gagal. pada umumnya jika BIOS telah rusak ato korupt, maka yang dilakukan adalah dengan mengganti mainboard yang baru. namun sebenarnya ada cara yang bisa ditempuh untuk mengembalikan BIOS kedalam kondisi semula. (posting ini hanya untuk awards BIOS!!!!).

yang harus di perhatikan dalam recovery bios adalah:

  1. komputer harus terdapat floopy disk drive
  2. file bios backup/ file bios update yang fresh
  3. awards flash sesuai dengan versi BIOS mainboard
  4. autoexec.bat
  5. semua di copy ke dalam disket bootable

isi dari disket yang akan digunakan untuk recoveri bios: awdflash.exe, newbios.bin, autoexec.bat and system files (msdos.sys, io.sys and command.com).

create autoexec.bat file on the floppy:

@echo off
if exist oldbios.bin goto old
awdflash.exe newbios.bin oldbios.bin /py /sy /cc /cp /cd /sb /r
goto end
:old
awdflash.exe oldbios.bin /py /sn /cc /cp /cd /sb /r
:end

nyalahan komputer, msukan disket kedalam floopy drive. karena monitor tidak menunjukkan adanya tanda bahwa reflashing bios sedang berlangsung, maka indikasinya adalah dengan bunyi beep dari speaker PC, perhatikan dengan seksama. bunyi pertama adalah terdeteksinya floopy, kedua proses reflashing, ketika proses flash telah berhasil. maka dengan sendirinya komputer akan restart. segera cabut disket dari tempatnya. ato kalo tidak dicabut maka proses reflashing akan terulang lagi.

june afterall
http://geek-mtx.co.cc/

Kata Kunci

cara memperbaiki bios yang rusak, memperbaiki bios yang rusak, penyebab bios rusak, gagal update bios, cara recovery bios, cara mengembalikan bios, Mengatasi bios rusak, cara update bios ecs h61h2-m2, cara jumper mobo gigabyte g41mt s2, writing bios terus restar.

BIOS
Sahabat

Tentang Penulis

Penulis adalah sahabat-sahabat yg menyumbang tulisan di nusinau.com untuk dimuat dengan bijaksana. Silakan kirim tulisannya ke nusinau[at]gmail[dot]com atau ke admin[at]nusinau[dot]com. Butuh diskusi cepat? colek di twitter @nusinau

59 Responses to “Recovery BIOS”

  1. billie says:

    saya udah coba, manjur. makasih :)

  2. wdcruz says:

    bro kan ada program flash bios on the fly lewat windows, aku pernah ngalami mainboardku aku update pake bios modifikasi, habis restart komputerku ngeblank ga mau idup, dah tak coba seperti yang diatas ga mau nyala, biosku award, solusinya gimana neh,

    • june says:

      flash on the fly dapat dilakukan bila bios default masih normal.komputer masih dapat menjalankan POST secara normal untuk selanjutnya masuk ke dalam OS. flash on the fly sangat tidak di anjurkan mengingat flas dilakukan di dalam OS yg berjalan yg dapat mengakibatkan flash BIOS tidak berjalan sempurna. apalagi flash yg dilakukan adalah flas bios modifikasi. bila flash on the fly gagal, terdapat berberapa kemungkinan. CMOS korupt, bootblock bios korupt ato ROM bios mati total.
      untuk kasus sodara wdcruz pastikan dulu versi bios sama dng versi bios mainboard. dapat dilihat di situs vendor mainboar anda. gunakan award flash yg telah di anjurkan oleh vendor mainboard pula. jalankan sesuai petunjuk yg telah saya tulis diatas. namun jika semua sudah benar namun tetap gagal. maka satu lg kemungkinan yg dapat di coba, yaitu dgn metode hot swap. yaitu dengan cara cari mainboard dan bios yg identik dengan kepunyaan sodara, nyalakan komputer clean (mainboard dan bios yg identik dgn kepunyaan sodara) boot ke floopy disk yg sudah anda siapkan sebelumya (floopy contain file bios, awdflash), masuk ke flash bios utility mengunakah awdflash. ini adalah tahap paling sulit!!!!!!!!!! setelah masuk ke menu flash utility, perlahan lepas chip ROM bios clean dalam keadaan komputer tetap menyala (lakukan dgn sangat hati2 :) (JANGAN SAMPAI SHORT CIRCUIT!!!!)lalu pasang ROM cip bios yg korupt dengan BENAR ke dlm mainboard dlm keadaan komputer tetap menyala. jalankan flash bios sesuai prosedur. jika semua berjalan dng benar, maka cip ROM bios kepunyaan sodara yg telah bad akan menglalami reflash. artinya semua strukrur bios telah diperbaharui (tidak hanya bootblock sektor ataupun bios ROM saja).

  3. EndqR says:

    Anak mana seh bro….
    Pintr banget…. Kl ank padang, mau dunk beguru…..

  4. dio says:

    salam kenal yah pak June,,,
    maaf nih langsung ke inti masalahnya…

    saya punya M787CL v1.3 dari PCChips (dimobonya dicetak gitu tapi yang ada di-net cuma v1.2a), dan M6TBA dari Biostar,,,
    awalnya BIOS yang ngadat (rusak) cuma yang di M6TBA aja,, monitor blank tapi fan2 system dan cpu hidup,,, dan ga ada beep,, otomatis saya download BIOS updatenya dinet dan dapat.

    pas selesai membuat disket BOOTnya di M787CL pakai caldera-(DRDTOOLS.exe)… dan autoexec.bat-nya (saya pakai uniflash.exe) dengan string untuk M6TBA>>
    @UNIFLASH.EXE -E TBA1124B.BIN -REBOOT
    tiba-tiba M787CL restart (ga tau kenapa???) dan BOOTING PAKAI DISKET TADI…..

    alhasil,, karena kurang sigap keluarin disket tadi,, terjadi update BIOS yang salah dan langsung RESTART….

    jadi deh rusak juga…..

    so, bapak punya solusi tepat gak untuk problem M787CL saya(memang pakai AWARD) tapi diSOLDER langsung di-boardnya….

    PLIS saya mohon bantuannya pak….
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya…

    dio.

  5. dio says:

    trus gimana caranya membuat si komputer ngedetect disket drive?
    kan …
    >> monitor mati
    >> keyboard juga kayaknya ga di-load (tapi pas tombol power ditekan, si keyboard menghidupkan lampu indikatornya sebentar>> cuma flashing led aja),, soalnya CTRL-Alt-Del ga ngaruh apa-apa…
    >> dan kayaknya yang di-post cuma CD-drive aja deh…

    trus gimana mau ngeBOOT lewat Disket Pak ???

    maaf banyak tanya, maklum saya newbie di dunia Flashing nich …

    dio.

    • june says:

      salam kenal.
      untuk kasus mainboard M787CL yg tiba2 restart setelah membuat disket bootable untuk flashing bios shingga terjadi proses flash dgn file BIOS yg berbeda, bisa disebabkan bnyk hal. bisa oleh program yg anda gunakan menset komputer untuk reboot setelah proses pembuatan disket bootable selesai atau bisa juga proses pembuatan boot disket gagal shg komputer restart. atau bisa juga karena anda memakai uniflash.exe. sangat diharuskan mengunakan award flash sesuai dng versi bios dan mainboard yg akan di flash. uniflash sangat beresiko untuk update flash bios karena merupakan program universal, yidak kusus untuk award bios. seharusnya anda memastikan dahulu bahwa bios kmptr yg anda gunakan untuk membuat disket flashing tidak boot dari floopy sehingga bila terjadi kasus kmptr tiba2 restart setelah pembuatan disket flashing tidak langsung boot dari disket tsb.

      untuk kasus dimana M787CL menjadi tidak bisa POST dan masuk ke BIOS disebabkan krn boot Block BIOS telah rusak oleh proses flashing dng file bios yg tidak sama tipe-nya. cara awal untuk memperbaiki bisa dgn langkah seperti yg telah dijelaskan di dalam postingan ini, Recovery BIOS. dng cr cari file bios M787CL dan satu hal lagi sangat dianjurkan memakai award flash sesuai dng versi bios mainboard!!!!jika cara ini tidak dapat mengembalikan bios asli ke dalam boot block bios M787CL, maka tidak ada cara lain kecuali mempensiunka mainboard tsb karena bios M787CL di mount langsung di mainboard shg hotswap tidak dapat dilakukan.

      mengenai cara mendeteksi apakah mainboard detect floopy atau tidak sangat mudah, secara default, mainboard akan first boot dari floopy. jika boot block bios rusak, maka ketika kmptr dinyalakan sirkuit mainboard akan secara otomatis melakukan serangkain proses untuk mendeteksi floopy disk, mencari proses bat file yg isinya command flashing bios dan file bios yg ada di floopy disk. pasang floopy dan nyalakan kmptr, liat floopy drive apakah lampu indikatornya menyala atau tidak. seharusnya lampu floopy drive menyala blinking dan terdengar bunyi optic floopy drive bergerak.

      • dio says:

        iya nih pak,,,,,
        tapi mungkin gak ya kalau saya hotswap???,,, (soalnya CMOS nya udah dilepas dan dipasangi soket saja)

        trus,,, apa harus menggunakan komputer yang sama persis-identik gitu????

        soal disketnya drivenya,,, di dua komputer kok tidak tampak tanda-tanda loading seperti yang bapak ilustrasikan ya??? apa komputer saya ngaco >>> ???

        makasih
        dio.

        • june says:

          untuk hotswap hanya bisa dilakukan jika BOIS tidak di mount ke mainboard tetapi menggunakan soket. dan harus memakai type yg sejenis dan identik dari kedua mainboard.

          jika mainboard tidak mendeteksi floopy drive maka besar kemungkinan kerusakan mainboard telah sampai ke voltage regulator. atau bisa juga IO mainboard juga error ketika proses flash gagal.
          tidak ada jalan laen selain ganti mainboard jika IO atau voltage regulator telah rusak, karena sangat kecil kemungkinan menemukan penganti voltage regulator yg cocok dan identik untuk mainboard yg telah rusak voltage regulatornya.

          semoga penjelasan saya membantu. terimakasih

  6. reno says:

    Boss, Kalau mau ngebenerin CPU, di dalam BIOS, BiosCPUnya dirubah yang tadinya Normal menjadi 2200, terus ketika di restart monitor sama kybourd ga jalan, apalagi mau kembali lagi ke dalam BIOS ko ga bisa-bisa,……. Gimana yach caranya supaya bisa masuk lagi ke dalam BIOS, tolong dong kasih tahu …..

  7. ocetechno says:

    salam kenal om….
    Wah hebat bapak june ini…
    Kalo boleh di share mengenai flash software untuk masing2 merk mainboard apakah berbeda?.. atau kita hanya refer ke type biosnya (AWARD BIOS OR PHONIX YA KALO GA SALAH)? dan apakah reflash prosedure berbeda untuk tiap2 brand mainboard?

    (banyak nanya banyak ilmu….)

  8. june says:

    @reno : reset bios bisa dilakukan dengan melakukan setting jumper bios di dalam mainboard. caranya, pindahkan pin jumper bios, biasanya defaul bios diset ke pin 2-3, maka untuk mealkukan clear cmos bisa dengan memindahkan jumper ke pin 1-2 beberapa saat. kira-kira 2 sampe dng 2 menitan. semoga penjelasan diatas membantu saudara.

    @ocetechno : bios yg umum ada di dlm komputer adalah award dan ami (buka phoenix, phoenix adalah trademark dari award.) umumnya tiap vendor mainboard telah membuat sofware khusus untuk reflashing sesuai dng tipe bios-nya apakah award ato ami bios. mungkin memang ada kesamaan tipe flashing bios antar mainboard sehingga memudahkan proses flashing, tetapi ada juga yg sangat spesifik dan berbeda denga yg lainnya, shg proses flashing menjadi lebih sulit dikarenakan software flashing sulit didapat.

    proses flashing bios sangat tergantung dari tipe bios yg digunakan oleh mainboard yg bersangkutan. karena award bios dengan ami bios memiliki perbedaan yg mendasar dari struktur bios dan bootblock bois masing2 tipe.

    semoga pejelasan diatas bisa membantu :D

  9. ardeth says:

    mas june.. mau nanya.. kalo tidak tersedia floppy disk, apakah bisa melakukan proses blind flash.. , board gw Gygabyte GA8VT800 award bios, bios rusak karena kegagalan dalam proses recovery (fitur bios) n satu lagi gagal dalam overclocking (using easytune4) , yak bener.. gw dah ngerusakin 2 mobo.. hehe

    • june says:

      biasanya setiap mainboard memiliki floopy drive baik secara onboard ato optional yg hanya berupa pin yg terjajar rapi. tolong perhatikan dgn seksama. mobo gigabyte secara pabrikan telah dibuat dual bios yg bertujuan jika bios yg utama korupt maka masih ada opsi bios ke dua. namun jika keduanya error seperti milik saudara, dan seperti kata saudata bahwa mobo tidak memiliki floopy drive, maka cara yg mungkin dilakukan adalah dgn hotswap, caranya:

      lepas bios utama mobo anda, kemudian carilah mobo gigabyte yg sangat identik dgn kepunyaan saudara. di mobo yg normal, nyalakan kmptr dan masuklah kemenu dual bios flash dan lakukan proses update, lepas bios utama mobo normal kemudian pasangkan bios utama anda yg telah rusak, HATI-HATI melakukan proses ini. jika terjadi short circuit. maka bisa dipastika mobo yg normal akan matot (mati total ):D . setelah bios anda terpasang, mulailah melakukan proses update flash bios. jika semua berjalan lancar, maka bios anda yg korupt aka ter-flash dng bios baru dari proses flash di mobo yg normal tadi. setelah itu pasang bios anda ke mainbord-nya dan coba nyalakan komputer anda.

      selamat mencoba.

  10. Higha parsa says:

    Mobo saya ECS M7MV693. KEmudian saya pasang Lan Card PCI. Lan card inilah biang keladi yang menyebabkan Mobo tiba2 rusak dan dan hanya mau boot lewat disket drive yang minta repair flash bios. Setelah ubek2 ternayata di ECS webite mobo ini dikenal sebagai P6BAP-ME (setelah saya kelupas sticker penutup seri di mobo)

    KEmudian saya download bios P6BAP-Me14a dan berhasil flashing sehingga mobo kembali sehat. Karena penasaran saya pasang lagi LAncard dan memyebabkan mobo rusak lagi, berhasil saya flash lg akan tetapi disk drive Hardisk dan Cd tidak dikenali. Hanya di kenali CDUXXXX bla bla. Saya ulang2 terus flashing tetap tidak berubah. akhirnya saya ganti file flash degan versi yang lebih rendah dan mencoba flashing.

    TErdapat informasi error, kesalahan saya adalah tidak flashing kembali ke bios semula tapi malah terburu2 saya restart. Akhirnya mobo saya blank dan tidak mengenali disket drive lagi. cuman cd room aja yang kedip2. Untuk Hot swap sy cuman punya mobo lawas TX pro pentium 233mmx. Adakah solusi lain ?

    • june says:

      kesalahan yg terjadi adalah anda melakukan kesahan yg sama berulang kali. tanpa mendeteksi terlebih dahulu apa penyebab error setelah anda berhasil melakukan flashing bios. dari urain saudara diatas, ketika anda berhasil flashing bios, seharusnya anda melakukan clear cmos dan mensetting bios ke default. kemudian baru melakukan setting ulang bios. kemungkinan error setelah lan card terpsang adalah berubahnya setting IO di bios oleh banyak sebab.
      jika memang mobo sudah tidak mendeteksi floopy dengan tidak adanya indikasi lampu floopy drive kedip2 dan hanya lampu cd rom yg kedip2, maka sangat bisa dipastikan kerusakan sudah sampe ke jalur prosesor. mobo tidak dapat lagi start untuk selanjutnya masuk ke bios untuk melakukan POST karena prosesor telah gagal bekerja dng baik.
      untuk mencoba jalan hotswap, anda harus menyediakan mobo yg identik dgn tipe kepunyaan anda. langkah2 hotswap suda saya jelaskan di pos2 sebelumnya. terimakasih.

  11. jakasampurna says:

    mau nanya mas..
    saya update bios award dan ternyata setelah restart malah gak ada tampilan dan hanya lampu cd rom sama floppy aja yang hidup..kira2 motherboardnya masih bisa diperbaiki lg atau ada cara lain gak buat ngeflash ulang..saya sdh coba booting pake disket tp tetep gak bisa..mohon bantuannya mas..thanks

  12. Higha parsa says:

    @june
    waah.. untuk mencari mobo yang identik mungkin sangat susah, saya pernah baca katanya sih mobo tidak perlu identik asal ukuran memory chip sama. bagaimana dengan pendapat ini pak ??

  13. june says:

    @jakasampurna : coba clear SMOS dulu. lalu coba nyalakan komputer. jika masith tidak mau nyala. berarti flash bios telah gagal. coba perhatikan lagi tentang langkah2 flsah bios di atas. bila anda melakukan back up file bios mobo anda sebelumnya. bisa di coba dengan mengembalikan file bios ke dalan versi semula melalui panduan saya diatas. jika masih ada pertanyan silahkan saja.trims :)

    @Higha parsa : mengenai hotswap dengan file bios yg berbeda hanya dengan kapasitas rom chip yg sama, saya belum pernah melakukannya. memang dalam beberapa mobo bisa di flash dgn file bios yg berbeda, tetapi tetap saja file bios tsb harus mengalami modifikasi terlebih dahulu. atau lebih dikenal dgn istilah bios mod. sangat kecil kemungkinan berhasil jika anda melakukan hotswap dengan file bios yg berbeda, hanya mengandalkan kapasitas memory chip romnya saja. karena bagaimanapun jalur2 elektronik tiap2 mobo pasti berbeda rangkaian IO dan IC. maka tentusaja memerlukan susuna skema bios yg berbeda pula untuk tiap2 mobo. :)
    tetapi jika anda tetap melakukan trial and error hotswap mengunakan file bios yg berbeda, mohon saya di jelaskan mengenai result percobaan anda :). jika berhasil akan sangat membantu kita semua dalam pembelajaran ilmu komputer untuk kedepannya. trims

  14. Higha parsa says:

    @Higha parsa : mengenai hotswap dengan file bios yg berbeda hanya dengan kapasitas rom chip yg sama, saya belum pernah melakukannya. memang dalam beberapa mobo bisa di flash dgn file bios yg berbeda, tetapi tetap saja file bios tsb harus mengalami modifikasi terlebih dahulu. atau lebih dikenal dgn istilah bios mod. sangat kecil kemungkinan berhasil jika anda melakukan hotswap dengan file bios yg berbeda, hanya mengandalkan kapasitas memory chip romnya saja. karena bagaimanapun jalur2 elektronik tiap2 mobo pasti berbeda rangkaian IO dan IC. maka tentusaja memerlukan susuna skema bios yg berbeda pula untuk tiap2 mobo.
    tetapi jika anda tetap melakukan trial and error hotswap mengunakan file bios yg berbeda, mohon saya di jelaskan mengenai result percobaan anda . jika berhasil akan sangat membantu kita semua dalam pembelajaran ilmu komputer untuk kedepannya. trims

    waah belum berani pak untuk trial, mungkin mobo ini harus pensiun. terimakasih untuk saranya dan tatap saya pantau disini siapa tau ada trick dan solusi baru.

  15. SafariFM says:

    Mau nanya mas…
    Bagaimana mengatasi BIOS yang selalu reset ketika PC pertama kali dihidupkan?
    Battery CMOS sudah diganti baru tapi sama saja.
    Awalnya sih yang rusak = jamnya berhenti ketika PC dimatikan dalam waktu yang lama, misalnya 8 jam. Kalau cuma dimatikan selama satu jam atau 2jam, jamnya masih jalan normal ketika PC dihidupkan lagi. Lama-lama makin sebentar. Tapi sekarang BIOS selalu reset ketika PC dimatikan.
    NB: Ketika PC dimatikan power cord dilepas dari listrik PLN (kabel power dicopot/dijabut).
    Kalo tetap terhubung ke PLN maka jamnya tetap jalan normal/biosnya tidak reset.
    Apanya yang rusak? Bagaimana memperbaikinya? trims

  16. SafariFM says:

    Mas tahu nggak, tempat Service Center motherboard Biostar di Yogyakarta. Udah ada pa belum ya? Soalnya TA770 A2+ ini garansi tokonya dah habis. Terimakasih…

  17. june says:

    SafariFM :
    Mau nanya mas…
    Bagaimana mengatasi BIOS yang selalu reset ketika PC pertama kali dihidupkan?
    Battery CMOS sudah diganti baru tapi sama saja.
    Awalnya sih yang rusak = jamnya berhenti ketika PC dimatikan dalam waktu yang lama, misalnya 8 jam. Kalau cuma dimatikan selama satu jam atau 2jam, jamnya masih jalan normal ketika PC dihidupkan lagi. Lama-lama makin sebentar. Tapi sekarang BIOS selalu reset ketika PC dimatikan.
    NB: Ketika PC dimatikan power cord dilepas dari listrik PLN (kabel power dicopot/dijabut).
    Kalo tetap terhubung ke PLN maka jamnya tetap jalan normal/biosnya tidak reset.
    Apanya yang rusak? Bagaimana memperbaikinya? trims

    coba setelah baterey CMOS diganti, lakukan clear CMOS dng memindahkan jumper BIOS di mainboard, lalu nyalakan komputer. masuk ke BIOS dan lakukan opsi load default BIOS setting. save dan restart komputer. masuk ke BIOS sekali lagi dan setting ulang semua settingan BIOS sesuai kehendak anda.
    jika langkah di atas masih belum bisa menyelesaikan permasalahan anda, coba lakukan update BIOS. untuk kasus settingan CMOS yg selalu me-reset bisa melakukan flash BIOS under windows meskipun sangat tidak saya sarankan. namun untuk kemudahan dalam proses flash BIOS, anda bisa melakukannya under windows, tentu saja perhatikan secara seksama file BIOS update dan kestabilan system anda. trims :)

    untuk servis center Biostar saya kurang tau. tetapi coba perhatikan tanggal garansi di mainboard anda yg asli dari biostar, bukan dari toko di mana anda membeli mainboard. jika masih dlm tgl garansi, bisa ditanyakan di tempat anda membeli. biar toko yg mengurusnya. ato tanyakan tempat servis center biostar. tetapi setahu saya, toko komputer AMACOM jogjakarta, jl. kolombo merupakan distributor resmi Biostar. bisa anda tanyakan disana. semoga membantu. trims :)

  18. nomo says:

    saya punya motherboard gigabyte seri GA-P965-DQ6, tampaknya tanpa sengaja terjadi kesalahan pada bios, sehingga pas restart ga bisa booting.

    saya pernah mengalami kejadian begini tp motherboard saya biasanya otomatis reload bios (Quad bios = 4 bios). tapi kali ini tidak. malah monitornya ngeblank, speaker bios ga nge-beep pas booting, dan setelah nyala pasti mati dulu baru hidup lagi.

    mohon bantuannya sekiranya mas punya cara tuk ngeflash ulang biosnya… tolong di share
    saya sudah download biosnya dan di copy ke floppy disk, tp pas saya booting tak ada reaksi apa2…

    tq..

  19. nomo says:

    clear cmos & copot semua hardware dan copot batere semalaman tanpa power sudah di lakukan.. mohon solusi dan langkah2nya yg mungkin bs di laakukan y mas..

    udah putus asa nih.. mobo kesayangan soalnya.. :)

  20. nomo says:

    mas june, saya punya motherboard gigabyte GA-965P-DQ6, kemarin tanpa sengaja kereset saat flash bios, saya pernah alami seperti ini tapi saat itu pas restart kembali normal karena adanya backup bios (bios mobo saya ada 4, Quad bios)

    tapi yang terjadi sekarang komputer tidak bisa booting (bunyi beep bios start tidak ada), tampilan monitor tidak ada (seperti monitor standby). saya coba pakai floppy yang sudah saya copy file bios F13 tp saat booting tidak terjadi apa2.. mohon bantuannya.. adakah solusi/ cara untuk memflash ulang biosnya kembali?

    terima kasih sebelumnya..

  21. SafariFM says:

    Akhirnya masalah dapat teratasi dengan menggati dioda. Jadi ternyata masalahnya bukan di softwarenya.

    Terimakasih…

    Have A Nice Day…

  22. june says:

    @nomo : diperlukan pengecekan ulang secara detail bagaimana mainboard tidak bisa booting seperti semula. pengantian semua komponen hardware dari prosesor, PSU hingga keping RAM serta pelepasan semua kabel2 hardware dan casing. sisakan hanya speaker ekternal dari mainboard (ato jika Mainboard memiliki speaker internal maka bisa ditambahkan) coba nyalakan mainoard. jika tetap muncul gejala yang sama, coba test dengan diagnostic card. baca indikator yg muncul dari lampu led di DC. mungkin kesalahan setting BIOS menyebabkan kerusakan pada komponen Integrated Onboard-nya ato IC mainboard. semoga membantu.

    @SafariFM : memang diperlukan pengecekan secara mendetail ketika mainboard tidak dapat booting, ato terjadi BIOS error setiap kali mainboard reboot. cara sederhana adalah menggunakan diagnostic card yg banyak beredar di pasaran.

  23. Alung says:

    Mohon petunjuk………….
    dengan probelm hampir sama
    Saya punya Mobo Asus CUSI-FX yg awalnya BIOS v 1005, awalnya karena mouse gak detect dan USB bermasalah berniat update bios dan setelah cek sana sini dapet :
    Bios V1006 dg nama file 1006ifxn.awd
    V1009 1009ifxn.awd
    V1018 1018ifx.awd
    dan dengan utility AFLASH.exe
    Setelah bisa jalankan aflash.exe………………… coba update bios ke V1006…..berhasil, dan berniat ke versi selanjutnya yaitu ke V1009 proses berjalan seperti sebelumnya, akan tetapi setelah detecting IDE langsung berhenti sama sekali
    Beberapa tips seperti diatas sudah coba saya jalankan tapi belum ada hasil

    Pertanyaan:
    Apakah betul untuk yg V1009 filenya corupt sehingga gagal Flash bios dan gimana solusinya sementara floppy juga gak kebaca ?

  24. blacktea says:

    Mas saya update bios diwindows tapi gagal, hang ditengah jalan, terpaksa saya reset. Dan setelah dihidupkan lagi mobo mati dan monitor blank. Apakah dgn cara diatas kira2 bisa diperbaiki. Kalo msh ada harapan kan sy bisa pinjam flopy drive, oya mb biostar p4m900. Thx mas

  25. Sahir Brown says:

    Pokokne Mantap Artikel Kak Nu nie…! ada No HP yang bisa diHubungi gk,, ?

  26. blacktea says:

    Dah tak coba, flopy tdk ke detect. Kalo dijogja service yg bisa copy bios dimana ya???

  27. rendra says:

    saya punya mobo asus p4s533mx,kenapa ya mas setiap di hidupin slalu ada tulisan bootblock(klo gak salah), trus dibawahnya ada tulisan bios rom ceksum error,gmn solusinya,,apa mobo saya masih bisa diperbaiki,saya sudah cb ganti cmos dan meresetnya tapi hasilnya tetep sama
    matursuwun..

  28. Harry T. says:

    Salam hormat, saya punya masalah spt Mas Safari Fm, tapi sampai saat ini belum teratasi (kompi reset ulang pd saat dihidupkan pertama kali atau habis cabut kabel power supply) dan saya membaca kasus mas Safari solved dng mengganti dioda, mohon penerangan dioda yg mana ? untuk info : sgl cara sudah saya lakukan refresh,clear,jumper,ganti bat,etc
    Terima kasih – Harry

  29. tony says:

    mas saya punya motherboard MSI K9N6PGM pas update bios lampu mati akhirnya waktu mau di nyalain lagi komputer black screen lampu indikator pada keyboard mati,, saya udah baca penjelasan di atas karna saya baru belajar komputer bisa di jelaskan lebih terperici dari isi disket yang akan digunakan untuk recoveri bios: awdflash.exe, newbios.bin, autoexec.bat and system files (msdos.sys, io.sys and command.com). saya dapatkan dari mana karna dari sni cuma ada file ami bios aja. mohon bantuannya dan terima kasih

  30. Ijul says:

    mas, saya mau nanya nih. waktu saya nyalahin komputer, runningnya cuma sampe windows xp terus ga lanjut running nya. saya sudah instal ulang begitu juga. jd saya masuk ke bios terus di default-in semuanya. sekarang komputer saya nyalanya cuma sampe detect procesor saja. makin parah mas. mohon bantuannya,,

  31. alv says:

    misi numpang tanya…
    aku punya axioo MNX v lupa serinya..
    nah bermasalah nih..
    biosx suka keresset terus kalo setiap nyalain…
    cara mengatasinya tu gmn yooo..
    mohon bantuanx..
    amateur nih,,,,

  32. arwan says:

    salam mas..mau nanya mobo saya albatron km61s-am2 ver:2.0.kmrin komputer normal tapi setelah di matikan dan mau dinyalakn lagi g mau booting.g ada suara sama sekali tp power hidup setelah sy coba lepas memory terdengar suara biip.. pertanda g ada ramnya tp setelah sy pasang diam lagi,sudah saya ganti ramnya sama saja dan ramnya sy coba di komputer lain g ada masalah alias normal…mohon solusinya…mksh

  33. rodhiesutrawan says:

    gan.. laptopku hp-pavillion dv9000. aku ada maslah ama updated bios. kebetulan waktu aku updated bios, (sebelumnya batere aku cabut) aku lupa masang baterenya. dan saat updated berlangsung, tiba2 mati lampu. trus waktu aku hidupin gax blank screen aja,… kira2 bisa diperbaiki gan? trus klo bisa gmana caranya? (mohon balasannya via email juga gan)..

  34. heru says:

    mksh y sob minbod aku hidup lg.bermanfkat bgt infonya

  35. bayu says:

    mas master bantuuuuinnn, tolonggg,, saya punya masalah pada ASPIRE 5535-CF2 Setelah flash bios berjalan sih lancar pas mau di idupin laptopnya tidak ada tampilan pawernya sih tetep nyala master tolong ada solusinya gaa,,..,,?????????/
    help me.,.,.,.,.,

  36. yuzfaza says:

    saya baru z gagal update bios biostar ta790 gx xe ver. 5, saya lakukan under windows. saya lakukan sesuai prosedur. tp saat write tiba2 layar blank lama sekali. dalam panduan biostar tdk ada keterangan layar blank. saya coba reset, komputer ta mau booting. indikator mb ram error, vga good. mesti gmn saya tuk mengembalikan mb itu? tk. balas via mail jug a ea. tk

  37. ary says:

    mas saya punya mainboard asus cusi fx. kok gk mau booting lewat cd room ya. itu knp… padahal saya mau coba instal windows. mohon pencerahannya… maklum masih awam neh soal komputer

  38. zay says:

    mas saya punya mb asus p4p800, saya flash dengan caraa booting cd rom,setlah beres di flash minta reboot,
    ,motherboard nya ga keluar tampilan sama sekali,
    mohon solusi cara merecoveri kembali bios nya

  39. bayu says:

    mas saya punya laptop toshiba satelite a205-s5801 system unit.masalahnya adalah konslet listrik waktu perbaiki tuchpadx sehingga layar blank,lampu n kipas procesor xala tp tidak muncul bios maupun osx,sy curiga biosx yang eror,yg ingn saya tanyakan bagaimana cara instal bios toshiba dengan menggunakan flasdisk.mohon pencerahan solusix.terima kasih sebelumx.

  40. Azzuray says:

    TERIMA KASIH BOS…!!! MANJUR….!!!

  41. candra says:

    permisi pk..june..
    saya numpang tanya neh..saya baru beli mainboard ecs a75f-m2…tapi masuk biosnya susah banget…komponen semua baru termasuk memory..setelah bisa masuk bios ketika listrik dicabut..setelah kurang lebih 5-10 menit bios susah lagi masuknya..kira2 apanya ya pak…mohon pencerahannya..trimakasih sebelumnya…

  42. Ozzy says:

    Slam kenal mas brow..
    Aq mau nanya nih..
    Aq kan update bios asus P5GD1 pro ..
    Setelah update kok nama bios nya masih yang lama ya?
    Padahal udah berhasil update nya..
    Please help …

  43. Ryan says:

    mas,aku pnya laptop type HP 431 ..
    permasalahan yang ingin saya tnyakan.ketika saya instalasi OS ..
    setelah selesai instalasi, aku instal driver ..
    nah kebetulan,driver bios aku update ..
    laptop tiba2 lngsung hang ..
    aku lngsung cabut kabel adapter ..
    ku pasang kabel adapter,lalu ku hidupkn,trnyata black sreen ..
    tolong bantuannya mas,saya sudah searching d google kamana2 tidak ada yg bisa ..
    mohon pencerahannya mas ..

  44. dayat alapola says:

    halo kak june..
    maaf saya mau nanya .. saya punya mobo gigabyte H61M-DS2. waktu mau seting bios nya … waktu saya tekan tombol delete, biosnya gak ada… alias tidak ada tampilan bios ….saya sudah nyoba dengan reset di mobonya sesuai dengan petunjuk di mobonya . dan pernah nyabut baterainya .. tapi tetep gak muncul…. memang kadang muncul dengan sendirinya biosnya … makanya saya bingung .. apa masalahnya? … … makasih atas jawabannya… salam kenal….

  45. wawan says:

    salam kenal mas june,sy bru hbs update bios mobo asus P5GC-MX menggunakan flash disk,yg di format menggunakan hp usb tool,msdossystem kemudian bios 0413 dan afudos sy download langsung dri situs asus,stelah smuanya lengkap komputer sy restart dan sy atur biosnya agar boting lwt FD,dan update biosnya sukses dan ada perintah agar komputer di restart,stelah sy restart biosnya msh versi yg dl gak berubah dan udh sy cb berulang kali update tp msh ttp sm,mhon pencerahannya penyebab versi biosnya tidak berubah stelah di update.

  46. Christ says:

    Salam knL pak june..

    Saya mau tanya, kmrn saya hbs install ulang laptop acer aspire 4750. setelah saya install ulang, saya install driver2 ny. Ketika saya instal driver,ternyata saya juga melakukan instal update bios.. setelah update bios itu, laptop saya langsung mati total. Ketika saya coba nyalakan kembali tdk bisa masuk sama skali.. bLank total. Mohon bantuannya apa yg harus saya lakukan. Saya bingung sekali. Karena saya dtg ke tkg servis hrs ganti mother board katax.. Yg saya tau laptop kan ada back up chip bios ny, bisa reflush ulang..Tolong bantuan ny. Terimakasih sebelumnya..

  47. nda says:

    salam kenal sebelomnya mas…
    Nie saya mo nanya soal temeratus naik gak mau turun2
    aku pakek mainboard lanparty p45 t2rs plus
    nie temeratus gak mau turun gmn ya cara atasin
    terimakasi

  48. verschiden says:

    mohon bantuan nya saya memakai motherboard ecs H61H2-MV pada saat di pengaturan bios saya tak sengaja menekan reset di tab exit eh pc saya merestart dan tidak mau hidup hanya mdr board nya saja hidup 30 detik restart hidup r30 detik estar tidak ada tampilan mohon pencerahan nya

  49. Ramadhan says:

    mohon bantuannya gan, kompi ane pakai jetway MIH67M-HU3, bios AMI
    ane update bios lewat windows, soalnya ane mau masang vga tapi kudu updet bios ,sayangnya failed gan, nah skrg kompi ane matot gak bisa boot ke windows
    masalahnya gan ane kagak punya FDD, jadi gimana cara recoverynya ? perlukah ane beli mobo baru ? atau masih bisa servis ? thx gan

Leave a Reply