Membuat Piramid Bintang

Apr 25, 2009 24 Comments by Sahabat

Program piramid bintang dengan pascal kiriman Saipul Bahrie

program bintang_piramid;
uses wincrt;
var c,a,b,n : integer;
begin
  write ('masukkan angka : ');readln(n);
  writeln;
  if n mod 2 = 0 then
    for a := 1 to (n div 2) do begin
      for b := 1 to (n div 2)-a do
      write (' ');
      for c := 1 to (a*2) do
        write ('*');
      writeln;
    end
  else
    for a := 1 to (n div 2)+1 do begin
      for b := 1 to (n div 2)+(1-a) do
      write (' ');
      for c := 1 to (a*2)-1 do
        write ('*');
      writeln;
    end;
end.

keluaran:
masukkan jumlah bintang terbawah : 9

*
***
*****
*******
*********

masukkan jumlah bintang terbawah : 8

**
****
******
********

saya membuatnya disertai dengan percabangan karena bila jumlah bintang terbawah yang dimasukkan genap maka yang paling atas juga akan genap dan jika yang dimasukkan ganjil maka yang paling atas juga akan ganjil

logika.

pertama masukkan jumlah bintang terbawah yang diinginkan contoh yang dimasukan adalah 8.
8 div 2 = 0 maka
baris yang yang ada pada piramid adalah setengah dari bintang yang dimasukkan kecuali bila bintang yang paling bawah adalah ganjil, maka tinggi atau barisnya adalah ½ alas+1,kerena bintang piramid berbentuk segitiga samakaki.

jadi pertama kita membuat perulangan untuk membuat baris dengan menggunakan perulangan for a :1 to (n div 2) do, karena saya menggunakan (n/2)tidak mau,jadi saya menggunakan n div 2 karena variabel n yang saya masukkan adalah integer. dan hasil n div 2 pasti integer.

setelah kita membuat perulangan untuk baris,selanjutnya kita membuat perulangan untuk baris kanan yang tidak terisi dan perulangan untuk bintang yang akan dimunculkan.

yaitu dengan cara begin for b: 1 to (n div 2)-a do write (‘ ‘);

for c: 1 to (a*2) do write (‘*’); writeln;

perulangan untuk baris, sebanyak (n div 2) yaitu 8 div 2 = 4. jadi akan ada 4 perulangan untuk baris

Perulangan untuk baris yang pertama adalah.

n =8
a =1
=(n div 2)-a
=(8 div 2)-1
= 4-1
= 3
b =1 to (n div 2)-a = 1 to 3 do write (‘ ‘)

jadi tampil sepasi 3x atau sepasi tigakali,setelah itu

c= 1 to (1*2)=1 to 2 do write (‘*’)

jadi disampingnya 3 sepasi tadi terdapat dua bitang berjejeran,yang berarti puncak dari piramid tersebut adalah dua bintang. setelah itu program membaca writeln yang berarti ganti baris.

perulangan untuk baris ke2 adalah .

n =8

a =2

= (n div 2)-a

= (8 div 2)-2

= 4-2

= 2

b =1 to (n div 2)-a = 1 to 2 do write (‘ ‘)

jadi tampil sepasi 2x, setelah itu

c = 1 to (2*2)= 1 to 4 do write (‘*’)

jadi disamping 2 sepasi terdapat 4 bintang berjejeran,setelah itu program membaca writeln yang berarti ganti baris.

perulangan untuk baris ke3 adalah.

n =8

a =3

= (n div 2)-a

= (8 div 2)-3

= 4-3

= 1

b =1 to (n div 2)-a = 1 to 1 do write (‘ ‘) jadi tampil sepasi 1x, setelah itu

c = 1 to (3*2)= 1 to 6 do write (‘*’)

jadi disamping 1 sepasi terdapat 6 bintang berjejeran,setelah itu program membaca writeln yang berarti ganti baris.

perulangan untuk baris ke4 adalah.

n =8

a =3

= (n div 2)-a

= (8 div 2)-4

= 4-4

= 0

b =1 to (n div 2)-a = 1 to 0 do write (‘ ‘)

jadi tidak ada sepasi, setelah itu

c = 1 to (4*2)= 1 to 8 do write (‘*’)

jadi terdapat 8 bintang berjejeran,setelah itu program membaca writeln yang berarti ganti baris.

karena dalam perulangan cuma sampai (n div 2) atau 4, jadi perulangan akan berhenti dan didapatkan tampilan seperti ini

**
****
******
********

yang ganjilpun sama logikanya. tinggal memasukkan angka didalam variabel-variabel yang sudah saya buat. Silahkan dicoba sendiri untuk pembuktian jumlah bintang ganjil.
Demikian program piramid yang saya buat. mungkin masih ada cara lain, tapi ini program yang saya logika sendiri. dan saya tunggu saran dan kritiknya di @mail. saipul_bahrie@yahoo.co.id

sumber : latihan soal Algoritma dan Pemrograman penerbit Andi.

Kata Kunci

program bintang pascal, algoritma piramida bintang, program pascal bintang, bintang pascal, pascal membuat tangga angka menggunakan for dan while, membuat program segitiga sama kaki angka 1 12 123 dengan bahasa c, contoh coding deret berbentuk piramida dalam turbo pascal, cara membuat huruf h dengan simbol bintang di php, program piramida angka pascal 1 12 123, piramida segitiga bintang pada delphi.

Pascal
Sahabat

Tentang Penulis

Penulis adalah sahabat-sahabat yg menyumbang tulisan di nusinau.com untuk dimuat dengan bijaksana. Silakan kirim tulisannya ke nusinau[at]gmail[dot]com atau ke admin[at]nusinau[dot]com. Butuh diskusi cepat? colek di twitter @nusinau

24 Responses to “Membuat Piramid Bintang”

  1. raystar says:

    bos mau tanya isa cara bikin berbagai macam “*” sama “x” kayak contohnya nich
    \ /
    \ /
    +
    / \
    / \ caranya tau ndk bos

    *
    ++
    ***
    ++++
    ***** sama ini tau ndk bos?? email aq ya kalo tau bos thx

  2. ifud says:

    tolong kasih tau codingnya untuk keluaran

    (ini kalau batasnya 10).

    **********
    * *
    * *
    * *
    **********
    * *
    * *
    * *
    * *
    **********

    Please bantu secepatnya buat tugas….
    sebenarnnya disuru angka 1-9 tapi ntar saya coba kembangkan sendiri.
    kirim ke email ifudBM@Gmail.com

  3. ifud says:

    maksudku buat angka 8 (delapan). maaf.. kog jadinya gak jelas gitu. hehehehe..

  4. sidik says:

    tolong bantuin dong kalau untuk keluaran

    *****
    *****
    *****
    *****
    *****

    buat tugas nih….

    kalau bisa kirim ke e-mail : sidikband1995@gmail.com

  5. ninety says:

    ko codingannya tidak bisa terbaca ?
    ada yang C++ ga???? plis

  6. Simon says:

    boz..
    klo cara untuk membuat huruf “Z” tw gk boz??
    klo tw tolong kirimin programnya y boz k e-mail saya..
    thx..

  7. mellinda says:

    kalau bwt segitiga sama sisi gmn ya???
    trs kl bwt segitiga yang spt ini gmn jg,

    ***** 1 3 1
    **** 12 32 21
    *** 123 321 321
    **
    *

    mohon dibantu ya.
    terima kasih

  8. arrafi says:

    mau tanya bikin perulangan, membentuk huruf X.
    contohnya :
    input : 5
    * *
    * *
    *
    * *
    * *
    mohon bantuannya…

  9. chieroe says:

    kl bwt segitiga yang spt ini gmn ya,

    *****
    ****
    ***
    **
    *

    mohon dibantu ya.
    terima kasih

  10. gede says:

    bang klo yng kyk gini pascalnya gmn???
    utuk inputnya ganjil seterusnya..

    *
    *
    * *
    * * *
    * * *
    * * *
    * *
    *
    *

  11. al says:

    kl yg d bwh ini bgmn?

    1) ****
    *****
    ******
    *****
    ****
    2) ****
    * *
    ****
    *
    *
    ********
    * *
    ****

  12. vitha sumampouw says:

    gw dapet tugas bikin segitiga sama lingkaran juga bintang pake delphi nih,, gimana codingnya yah,, bisa bantu ga? bingung….

    kirim ke emailku aja yah kalo bisa, makasih sebelumnya yah ka… GBU :)

  13. tetty says:

    qmi ada tugas ttg membuat segitiga perulangan java,,,
    gmn cara conding nya,,,bisa bantu gak????

  14. Am ran says:

    Numpang belajar gan… kemarin dapat nilai C- gara-gara Si mbah pascal yang nggak mau kompak..hehehe..

  15. ahmad rozi says:

    assalmualikum…
    mas tolong donk aq ada tugas nih mencari
    1
    12
    123
    1234
    tolong di bantu mas ya…. bls di mr.ozhy@ymail.com
    makasih mas
    lam knl…………………

  16. Arie says:

    asss..
    mas saya minta tolong gimana ya caranya membuat program pascal dengan outputnya seperti ini?
    1
    23
    456
    78910

  17. erma ^_^ says:

    mas mnta tlong kalau sperti ne pascalnx gmn

    1a
    12ab
    123abc
    1234abcd
    12345abcde
    1234abcd
    123abc
    12ab
    1a

  18. iis says:

    algoritma dan flowchart nya

  19. Echa says:

    1
    12
    123
    1234
    caranya buat program ini tapi lewat koding JSP gmn ?

  20. mona says:

    tolong bantuin saya dong buat listing program pascal untuk membuat tampilan seperti ini:
    a) 1 2 3 4 5
    2 4
    3 3
    4 2
    5 4 3 2 1

    b) 1 1
    2 2 2
    3 3 3
    4 4 4
    5 5

    c) * * 1 * *
    * * 2 * *
    * * 3 * *
    * * 4 * *
    * * 5 * *

  21. Ling says:

    *********/
    ********/*
    *******/**
    ******/***
    *****/****
    ****/*****
    ***/******
    **/*******
    */********
    /*********

    Bantuin untuk buat yang seperti ini donk,.,,+ kasih penjelasannya yaa di tiap baris…
    Pake Iostream boleh pake stdio.h juga boleh,.,
    Onegai shimasu,.. Sabtu aku UAS lagi :’(

  22. arga says:

    gan tolong bantu buatin scrip delphi piramida angka

    1
    121
    12321
    1234321
    123454321

Leave a Reply