Dasar-dasar Mempelajari Struktur Data

Jun 08, 2009 3 Comments by Sahabat

ABSTRAK

Berbicara tentang struktur data, maka kita tidak bias terlepas dari yang namanya bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang banyak dipelajari untuk pemrograman dasar adalah bahasa Pascal. Dalam tulisan saya ini saya akan membahas tentang konstanta, variable, dan tipe data yang biasa digunakan pada bahasa Pascal.

BAHASAN
Dalam istilah ilmu komputer, sebuah struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.

Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar-sebar (spreadsheet), pangkal-data (database), pengolahan kata, citra yang dipampat (dikompres), juga pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.

Dalam mempelajari struktur data hal-hal awal yang perlu kita ketahui adalah tentang konstanta, variable, dan tipe data. Nah dalam bahasan ini saya akan membahas tentang ketiga hal di atas.

Konstanta
Dalam membuat suatu program, kita perlu menggunakan konstanta agar program kita bisa lebih mudah diperbaiki jika ada suatu kesalahan yang kita buat. Dengan menggunakan konstanta kita bisa memberikan nama yang mudah dimengerti dan dipahami untuk bilangan numerik yang sangat kompleks. Konstanta dideklarasikan pada awal program dan dideklarasikan dengan kata baku const. Pada pemrograman dengan Pascal dideklarasikan sebelum blok begin-end program utama. Bentuk umum dari konstanta adalah:

Cnst
namakonstanta1 = nilaikonstanta1;
namakonstanta1 = nilaikonstanta1;
namakonstantaN = nilaikonstantaN;

contoh konstantanya adalah:
const
maximum =100;
luas lingkarn = pi*radius;
pi = 3,14;

sesuai dengan namanya “konstanta”, maka nilai dalam konstanta selalu konstan atau tetap dan kita tidak dapat merubah nilai dari konstanta pada saat program sedang dijalankan.

Variabel
Variabel adalah lokasi di memori yang kita siapkan dan kita beri nama khas untuk menampung suatu nilai dan atau mengambil nilai kembali tersebut. Bentuk umum dari variable adalah:

Var
NamaVariabel1,
NamaVariabel2,
……………….
NamaVariabel1N : TipeData1;
NamaVariabel1,
NamaVariabel2,
NamaVariabelNN : TipeDataN;

Contoh dari variable adalah:

Var
Nilai1,
Nilai2,
Nilai3 : byte;
Nama : string(20);
Totaldata : integer;

Tipe Data
Dalam tulisan ini yang akan dibahas adalah tipe data sederhana.

Tipe Data Sederhana
Pascal sudah memiliki dan memnyediakan beberapa tipe data sederhana yang sudah siap kita pakai. Tipe-tipe data yang sudah disediakan Pascal adalah:
* Integer
* Boolean
* Real
* Karakter
* String

Baiklah mari kita bahas satu per satu tipe data ini.

Integer
Integer adalah tipe data nilainya merupakan bilangan bulat dan teerbagi atas beberapa macam. Berikut ini adalaha tabelnya:

TypeRangeUkuranFormat
ShortIn

Integer

LongInt

Byte

Word

-128…127

-32768..32767

-2147483648..2147483647

0..255

0..65535

1

2

4

1

2

Signed 8-bit

Signed 16-bit

Signed 32-bit

Unsigned 8-bit

Unsigned 16-bit

Boolean

Boolean digunakan untuk merepresentasikan logika. Bolean hanya dapat bernilai True(1) dan False(0). Di bawah ini adalah beberapa tipe data Boolean:

TypeRangeUkuran
Boolean

ByteBool

WordBool

LongBool

Byte-sized

Byte-sized

Word-sized

Long-sized

1 (8bit)

1 (8bit)

2 (16bit)

4 (32bit)

Real

Real biasanya digunakan untuk merepresentasikan nilai pecahan. Jenis-jenis tipe data real seperti pada tabel berikut ini:

TypeRangeUkuranDigit
Real

Single

Double

Extended

Comp

±2.9×10-39..1.7×1038

±1.5×10-45..3.4×1038

±5×10-324..1.7×10308

±3.4×10-4932..1.1×104932

±9.2×1018..9.2×1018

6

4

8

10

8

11-12

7-8

15-16

19-20

19-20

Karakter
Tipe data karakter hanya dapat menampung satu karakter saja dan mengalokasikan satu byte memori. Bentuk umum dari tipe data karakter adalah:

Var
: char;

Berikut ini contoh dari penggunaan tipe data karakter:

Var
Kalimat : string;
Nama : string(20);
String : string(30);

String
String adalah tipe data gabungan(array) dari karakter sebanyal 256 karakter. Bentuk umum dari string adalah:

Var: string;

Berikut ini adalah contohnya:

Var
Nama : string(20);
Alamat : string(30);

Itulah beberapa tipe data sederhana yang sudah disediakan oleh Pascal dalam bahasa pemrograman Pascal. Namun ada juga tipe data lain yang elemennya kita sebutkan satu persatu. Tipe data ini adalah tipe data Enumerasi. Bentuk umum dari tipe data enumerasi adalah:

type : (elemen1, elemen2, elemen3….elemenN);

contohnya:

type
binatang = (anjing, kucing, ayam, babai);

Demikian sedikit penjelasan saya tentang dasar-dasar struktur data dengan menggunakan Pascal. Semoga bermanfaat untuk memandu anda dalam mempelajari struktur data dan pemrograman.

Referensi:
Sanjaya, Dwi: Bertulang Dengan Struktur Data di Planet Pascal: 2005: Graha Ilmu.
Kumalasari, Erni: Modul Struktur Data

Kata Kunci

belajar struktur data, pelajaran struktur data, pembelajaran struktur data, pembelajaran struktue data, dasar dasar struktur data, belajar dasar struktur data pascal semester 2, belajar structure dasar, belajar struktur data c, Struktur data pada ilmu komputer, belajar tentang struktur data.

Data Structure, Pascal
Sahabat

Tentang Penulis

Penulis adalah sahabat-sahabat yg menyumbang tulisan di nusinau.com untuk dimuat dengan bijaksana. Silakan kirim tulisannya ke nusinau[at]gmail[dot]com atau ke admin[at]nusinau[dot]com. Butuh diskusi cepat? colek di twitter @nusinau

3 Responses to “Dasar-dasar Mempelajari Struktur Data”

  1. ancha says:

    bags sx yang lebih detail lagi ces dan istilah binary gmn

  2. Ozan says:

    Bgs x y mdh d_mengerti….thank’s

  3. Beibz Sarita says:

    kenapa yaa gan rasanya koq susah sekali blajar informatika, salah satunya srtuctur data, bagi tipsnya donk gan , gimna mudahnya blajar tntang struktur data ini ???

    thank for gan .. :)

Leave a Reply